Rabu, 04 April 2012

KAWAH PUTIH

KAWAH PUTIH terletak di Gunung Patuha, sebuah gunung yang teradapat di Jawa Barat. Ketinggian gunung ini 2.386 meter. Kawah dari Gunung Patuha ini di jadikan objek wisata yang menarik dengan nama KWAH PUTIH.

Kawah Putih berada di selatan kota bandung, sekitar 46km dari kota bandung sampai depan pintu gerbang lokasi kawah. Dari pintu masuk hingga ke kawah jaraknya 5 km bisa ditempuh sekitar 20menit dengan mobil pribadi atau dengan angkutan yg disediakan Rp.25.000,-/orang. Jalanan menuju kawah dari gerbang suah beraspal, jalan berkelok-kelok dan kecil, kanan kiri beraneka ragam spesies tanaman.

Dahulu masyarakat menganggap kawah ini kawasan angker karena banyak burung mati seketika melewati kawah ini. Tahun 1837 seorang Ilmuwan Belanda Jerman Dr. Franz Wilhelm Junghun yang juga seorang pengusaha perkebunan belanda yang mencintai kelestarian alam melakukan penelitian kawah putih mengeluarkan lava belerang penyebab burung mati bila melintasi jadi bukan karena keangkerannya. Namun masyarakat masih belum tertarik sehingga i tahun 1987 PT perhutani mengembangkan kawasan Kawah putih sebagai objek wisata.

Air kawah gunung ini warna airnya bisa berubah2. Permukaan kawah berbatu dan berpasir putih. Beberapa peneliti mengatakan gunung Patuha masih aktif beberapa kawah masih bergejolak sehingga kadang kawah tiba2 beruap banyak.

Keindahan Kawah Putih sangat menakjubkan. Ditambah lagi suhunya sejuk sepanjang hari (bersuhu sekitar 8-22 derajat celcius)






Tidak ada komentar: