Jumat, 22 Maret 2013

artikel gensela I

Holla holla B & G...

Salam sehat, salam barokah :)

Sehat. Itu incaran semua orang pastinya. Karena dengan sehat banyak hal yg bisa kita lakukan.
Dengan kondisi sehat juga kita melakukan segala aktifitas lebih nyaman dibanding saat sakit. Setuju bila sehat adalah dambaan kita semua.

Sehat adalah kondisi yang benar-benar sehat tanpa keluhan. Dimulai dari ketika bangun pagi kondisi bugar, segar, bertenaga. Bukan lesu, lemah, lelah. Kondisi tubuh yang sehat sesungguhnya juga tanpa bersin-bersin di pagi hari, hidung mampet atau tenggorokan berlendir atau kering. Bila kita dapatkan kondisi tubuh kita ada keluhan tersebut salah satunya....hey hey...B & G harus waspada. Ini alarm tubuh menginformasikan ke kita bahwa tubuh di bagian dalam "not OK".

Setelah kita dapat informasi dari tubuh hal pertama yang harus kita lakukan adalah: jangan mengabaikan. Informasi yang disampaikan oleh tubuh harus kita tindak lanjuti dengan tindakan yang benar. tindakan yang benar adalah memberikan asupan dan nutrisi serta hal yang dibutuhkan tubuh seperti istirahat. Adapun asupan dan nutrisi yang bisa membuat kondisi tubuh membaik. asupan itu adalah sayuran dan buah.

Bila kita benar-benar ingin sehat banyaklah makan sayur dan buah. Sayuran yang minim olahan. baik sayuran mentah atau sayuran yang hanya disiram air panas adalah sayuran yang di butuhkan tubuh untuk mendapatkan kondisi sehat yang sesungguhnya. Karena sayuran minim olah sejatinya masih mengandung vitamin, serat dan enzyme yang masih baik. enzyme pada sayuran akan mati di suhu 100derajat meskipun hanya sedetik (proses memasak). Perlu diperhatikan pula bahwa pencucian dan pemotongan sayuran serta buah harus benar supaya kandungan vitaminnya tidak rusak. Cucilah lebih dulu sayuran atau buah baru kemudian di rajang atau di kupas. Bukan sebaliknya.

Sehat yang kita dambakan sebaiknya kita mulai sejak sekarang. Saat ini banyak orang tua kita yang menderita penyakit dari pola makan seperti: stroke, diabetes militus, kanker, dll. Semua itu bukan penyakit keturunan secara gen. Tapi pola makan para orang tua kitalah yang diturunkan ke kita sehingga penyakit yang diderita secara garis keluarga sama.

B & G, hanya dengan berdoa pada Allah dan melakukan tindakan nyata: makan sayuran dan buah setiap hari dan dalam jumlah yang cukup untuk tubuh, Insyaallah keluhan keseharian seperti: lelah, lesu, bersin-bersin, pusing, migrain akan hilang. Secara mudah sayuran dan buah itu bahan makanan yang mudah dicerna tubuh sehingga tidak meninggalkan sampah pada pencernaan yang bila menumpuk didalam tubuh sampah makanan (seperti daging, zat-zat yang disuntikan pada ayam broiler, minyak yang untuk menggoreng atau mengolah makanan, gula, dll) maka akan menjadi racun dalam tubuh. Bila racun ini tidak dibersihkan dengan cara memperbaiki pola makan yang memperbanyak buah dan sayur tidak menutup kemungkinan penyakit2 orangtua kita akan kita wariskan dari cara kita mengkonsumsi makanan yang bisa mengakibatkan timbunan sampah menahun di dalam tubuh.

Dengan mengubah pola makan berbasis sayur dan buah serta mengutamakan doa, insyaallah kita bisa merasakan sehat yang sesungguhnya. Dan merasakan sehat hingga usia tua.

Semoga sehat, Semoga barokah :D

Tidak ada komentar: