Selasa, 05 Juli 2011

GO GREEN !!!!!!!!

Cuaca mendung tapi rasanya panas…

Cuaca panas…tiba2 hujan lebat…

Ingat jaman kecil…masih banyak tanah lapang untuk main galasin, tak umpet dan gobak sodor. Banyak pohon-pohon…untuk main peran jadi tukang gado-gado banyak daun kering yang di remas untuk jadi kerupuknya J Tapi sekarang … yang banyak gedung bertingkat. Jadi mall, super mall, mini market, apartement, kantor, hotel…semua beton…

Ada lagi yang ku inat dari kenangan masa kecil…ibu juga ibu-ibu lainnya kalo ke pasar bawa tas belanjaan bentuknya kotak terbuat dari plastic. Klo sekarang kali merk-nya lion star. Eh..dulu produk plastic yang top yaa…pionir. Nah para ibu klo belanja bawanya tas keranjang seperti itu. Beda dengan sekarang…ibu-ibu dan orang yang bukan ibu kalo belanja nggak bawa apa-apa tapi pulangnya tas kresek jumlahnya sbanyak bawaan belanjaannya…PRAKTIS. sampe rumah tas kreseknya buat wadah sampah. Alas tempat sampah. Pas buang sampah:..werrrr…kantong plastic ikut dibuang. Alasannya tempat sampah nggak kotor dan PRAKTIS.

Saat kecil juga…yang masih diingat…

Pusat jajan belum ada. Adanya ya… KFC itupun ada waktu kelas 4 SD. Sebelumnya hanya bakso di kios-kios..Beda banget dengan sekarang. Pusat jajan ataw food court disetiap mall. Yang selalu dikeluhkan pendapatan nggak naik harga meningkat terus…yang bikin heran pusat jajan penuh pembeli setiap hari…lagi-lagi…kantong kresek, steroform, kemasan untuk minuman panas-dingin bagi pembeli yang menghendaki makanan di bawa pulang. Menggunakan wadah sekali pakai…lagi-lagi PRAKTIS.

Ternyata…

PRAKTIS yang kita piker dan lakukan sangat bertentangan dengan kebijaksanaan kita dalam mensikapi kondisi bumi dan ozon. Sampah plastik yang butuh waktu 1000 thn untuk dapat terurai, di tambah steroform, plastic wadah sekali pakai… itu semua mengotori bumi dan jadi sampah tidak busuk di perut bumi. Upaya menjadikan plastic sebagai bahan daur ulang nggak sebanding dengan jumlah sampah plastic perhari, perbulan pertahun…

Himbauan : “AYOOO SAYANGI BUMI” jangan hanya jadi slogan. Perlu kesadaran diri sendiri, lebih bijak dalam bersikap. Karena efek dari tindakan kita akan kita rasakan langsung atau imbasnya pada anak cucu kita….



Tidak ada komentar: