Jumat, 04 Oktober 2013

Home Learning of Math

Saya bukan guru kelas jadi materi yang diberikan ke abira selain hasil googling, tanya teman dan saudara yang mengajar juga hasil kesepakatan antara abira dan saya.

Usia 2 tahun 6 bulan kami tak serumah lagi dengan bapak, mbah kakungnya abira. Di rumah bertiga maka banyak waktu yang bisa di gunakan untuk kegiatan. Maka saya infokan ke abira alternatif kegiatannya. Keuntungan dari memberikan kebebasan pada anak memilih kegiatannya sendiri:

1. Kita bisa mengetahui materi dan metode apa yang anak sukai
2. Anak merasa bebas menentukan pilihan dan anak merasa di hargai
3. Materi dan apapun bisa berpikir/mencari ide bersama
4. Memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan ketertarikan, ide dan hobby

Maka dari kebebasan yang saya berikan, kakak lebih sering memilih materi "math". Baik konsep, worksheet atau menghitung benda di sekitar. Tapi worksheet lebih disukai. setiap hari saya buat worksheet matematika atas permintaan kakak. Untuk materi saya kembangkan dari materi play group di montessory-nya. Kewalahn sempat saya rasakan. karena kakak minta lagi minta lagi.... Jadi saya harus memberikan alternatif kegiatan. Meski kadang kakak menolak. "math aja bund...aku suka".
Dan kakak tak suka worksheet yang di toko buku umum. Kakak lebih memilih buatan bunda atau worksheet import. Jadilah saya setiap hari buat worksheet. Murah meriah tapi harus selalu baru :)

Kemampuan yang minim selalu tertantang buat anak lanang






Tidak ada komentar: