Minggu, 23 Oktober 2011

DISIPLIN adalah cinta




Pulang sekolah sore, mandi dan pilih baju sendiri...ohh bujaaannnggg...bahkan tidurpun muslim looking and matching... :-))


bangun tidur pagi inisiatif foto-foto sama ayah 14 oktober 2011
**************************************************************************

Banyak orangtua yang menerapkan disiplin pada anak sejak usia dini.

Anak mandi, makan tidur siang serta bangun tepat waktu. Disiplin.

Dan tak jarang anak di perintah mandi, makan atau tidur dengan bentakkan, teriakan serta ancaman. semua berlandaskan kata disiplin, tepat waktu serta tertib.

Membiasakan anak disiplin bukan berati tanpa cinta, tanpa hati dan menggunakan kekerasan.

Anak bukan robot. Anak bukan orang dewasa dalam bentuk kecil...

Anak mempunyai keinginan yang seringkali berbeda dengan orangtuanya...

Namun sedikit anak yang di dengar kemauannya oleh orangtuanya...

Miris...

Ada tips yang mungkin bisa dijadikan acuan dalam menrapkan disiplin pada anak...

sejak kecil biasakan:

1. informasi

Informasikan hal-hal yang boleh dan tidak, baik-buruk. aturan2. Misal kita akan pergi ke mall informasikan hal-hal yang bisa mebuat nyaman. Jangan lupa usia anak bahwa kerjasama dan tanggungjawab mereka tidak seperti orang dewasa. mereka baru belajar...

2. Evaluasi

Setipa hal yang sudah kita lalui adakan evaluasi. misal pulang dari mall..sempatkan waktu membahas perilaku anak saat di mall. tidak harus pas pulang dari mall lalu kita bahas. Apabila perilakunya baik sesuai kesepakatan kita bisa bahas ringan saat perjalanan pulang atau sesampai di rumah. namun apabila tidak sesuai kita harus meluangkan waktu yang kita dan anak sudah siap membahsanya. jadi kita tidak emosi dan anak mengerti apa yang kita sampaikan.

3. Reward

Reward yang saya maksud adalah ucapan baik. Menyampaikan apa yang sudah anak lakukan dengan baik. Buat hati anak menjadi besar dan bangga akan apa yang dia lakukan. Bisa jadi tambah pelukkan ciuman atau belaian.

Terkait dengan disiplin..

Biasakan anak menentukan sendiri kapan dia akan mandi, makan dan aktifitas lainnya. Kita hanya menfasilitasi, mengarahkan dan membatasi. Karena anak-anak masih perlu arahan, menentukan sendiri bukan berarti lepas kontrol.

Kita bisa informasikan:

"nak, mau mandi sekarang atau 5 menit lagi. coba lihat jarum panjang di jam. sekarang di angka 5 kalo 5 menit jarum panjang ke angka 6. mau mandi sekarang atau 5 menit lagi"?

"kakak, makan sekarang ya. sudah waktunya makan. kakak mau makan nasi atau kentang??.. makan sekarang atau selesai menggambar?"

"kakak, gosok gigi sebelum ngantuk ya. kalau gosok gigi sekarang bunda anter. kalo nanti tidak di anter"

"Kak, bangun kak. Kalo bangun sekarang ayah gendong ke kamar mandi. kalo 5 menit lagi kakak jalan sendiri"

Anak akan memilih mana yang mereka mau. waktu mereka siap...kita beri batasan yang bisa kita toleransi. Adakalanya anak keluar dari batasan kita bisa ingatkan...

Mandi, makan, bangun tidur bila diiiringi dengan tangisan sungguh tak nyaman. Mendidik disiplin jangan sampai kita kehilangan cinta dan kehangatan...

Ada waktu anak akan bisa dan biasa... bersabarlah. Jangan selalu memaksa dan menuntut anak...

*alhamdulillah jaza kallohu khoiro buat ayah yang sabar mebangunkan kakak dengan suara dinosaurus, tebak-tebakan dan menggendong kakak*

Tidak ada komentar: